Kamis, 26 April 2012

Panduan dalam memilih reel pancing

Reel atau penggulung benang, merupakan salah satu bagian penting dari perlengkapan memancing. Dengan menggunakan Reel, akan memudahkan para pemancing menarik ikan atau melempar umpan.Berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih reel







spinning reel
reel baitcast
REEL BODY

Spinning reel, dibandingkan dengan baitcast reel, terdiri dari berbagai bagian-bagian yang lebih luas. Memilih reel dengan paling sedikit bagian akan menjadi paling aman untuk mengurangi kemungkinan kerusakan mekanik.

Reel body dapat dibuat dari grafit, aluminium, dan komponen plastik. Housing yang terbuat dari Aluminium lebih kuat daripada grafit, Namun grafit akan secara signifikan lebih ringan. Menentukan apakah kekuatan atau berat badan yang lebih penting, pada akhirnya merupakan pilihan pribadi, namun, jika fokus memancing Anda adalah heavy duty ,aluminium harus menjadi pemenang. Jika Anda memilih bermain di air asin, grafit adalah cara tepat karena kualitas yang tahan korosi.

Faktor lain yang penting yang harus dicari adalah konstruksi yg solid dari reel body. Tidak boleh ada bagian yang longgar atau tipis, dan semua bagian yang bergerak harus halus performanya



REEL SIZE

Memilih ukuran yang benar dari reel bisa menjadi membingungkan. Untuk sebagian besar aplikasi, sepuluh pound test line harus menjadi kekuatan dan ketebalan tertinggi yang ditaruh dlm spinning reel (Ini tidak berlaku untuk ikan air asin atau skenario trolling berat.)

semakin kecil line yg akan dipakai, semakin kecil reel yang Anda akhirnya harus membeli. Pastikan bahwa reel yang akan Anda beli disamakan ratingnya dgn pound-test senar yang ingin Anda gunakan. (Informasi ini dapat ditemukan pada spool reel itu sendiri.)

-untuk lightcasting bisa memilih dari ukuran 1000-4000 tergantung dari line yang akan di pakai.  

-untuk surfcasting atau mancing di pinggir pantai bisa mulai dari ukuran 5000-8000 bahkan 10000   
  tergantung dari line yang akan di pakai. juga ada spek yang khusus untuk surfcasting dengan ciri 
  spool yang dangkal dan lebar.


- untuk light popping, jigging dan mancing dasar di laut bisa memilih ukuran 6000 sampai 10000.


- untuk heavy jigging dan popping gunakan kelas 12000-20000 tergantung kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar